Selasa, 31 Agustus 2010

Nasi Pecel dan STMJ di Pecel Kawi Malang

200 kawi1 Nasi Pecel dan STMJ di Pecel Kawi Malang
Rumah Makan Pecel Kawi terletak di tengah kota malang. Bangunannya sudah amat tua. Tak heran jika Rumah MakanPecel Kawi menjadi salah satu cagar budaya yang dilindungi. Didirikan sejak tahun 70an, Rumah Makan Pecel Kawimemiliki kenangan tersendiri bagi mereka yang pernah mengunjungi kota Malang dan singgah ke rumah makan yang dimiliki oleh Mujirah (74).

Dari deretan papan menu yang terpampang di depan rumah makan ini, hampir semua menu yang disajikan adalah makanan khas Jawa Timuran terutama Malang seperti pecel, nasi pecel, nasi bali telor, nasi bali daging, nasi lodeh, nasi rawon dan sebagainya. Saking banyaknya pilihan menu, bagi mereka yang baru pertama kali datang ke rumah makan ini, akan sedikit bingung. Mau makan apa ya?

Pecel Kawi
200 kawi4 Nasi Pecel dan STMJ di Pecel Kawi Malang
Pilihan pertama adalah jangan lupa mencoba mencicipi pecel. Pecel Kawi sangat khas dengan saus kacangyang legit. Harganyanya pun cukup murah. Seporsi hanya Rp 5.000,- mau pakai nasi atau tidak, harga tetap sama. Kenyang menikmati pecel, saya coba otak yaitu cacahan otak sapi yang digoreng dan dicampur dengan telur dadar. Rasanya Muantap banget! Belum pernah saya menikmati lauk seperti ini di Jakarta.

Disamping otak, lauk lainnya sebagai pendamping makan adalah ‘setusuk’ sate ati yang harganya Rp 5.000/tusuk. Karena potongan daging sate cukup besar, makanya saya ambil satu tusuk saja. Daging sate dilumuri dengan sambal merah yang rasanya cukup menantang, pedas! Untuk lebih yahud makannya, taburkan srundeng kelapa dengan rasa yang sangat gurih.

Hangatnya STMJ
200 kawi3 Nasi Pecel dan STMJ di Pecel Kawi Malang
Kenyang menyantap makanan di rumah makan Pecel Kawi, jangan langsung beranjak dulu dari tempat duduk. Nikmati malam dan dinginnya kota Malang dengan menyerumput segelas minuman hangat STMJ alias Susu Telur Madu Jahe. Rasanya, wah… tidak bisa diucapkan jika belum menikmati sendiri. STMJ cukup kental dengan rasanya yang hangat.

Habis menyerumput STMJ, diyakini badan jadi segar kembali. Rasa pegal-pegal dibadan jadi hilang. Harga segelas STMJ bervariasi tergantung permintaan. Jika lengkap (STMJ), segelas dipatok harga Rp 6.000,- tanpa madu Rp 5.500,- Kalau hanya susu telur saja, harganya Rp 5.000,- Sedangkan susu jahe, susu kopi, susucoklat, dan jahe telur harganya pukul rata Rp 4.500,-

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008