Selasa, 31 Agustus 2010

Pemkot Malang Bentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah

Pemkot Malang merealisasi penggalakan pariwisata dengan membentuk BPPD (badan promosi pariwisata daerah). Siang kemarin, Pemkot Mulai merapatkan barisan dengan sejumlah pelaku usaha pariwisata serta pengurus BPPD Jatim.

“Mudah-mudahan segera terbentuk supaya tahun depan sudah mulai start,” kata Diana Ina Wahyu Hidayati, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkot Malang, usai rapat pembentukan BPPD, siang kemarin.

Dia lantas menjelaskan, pembentukan BPPD itu untuk menindaklanjuti UU No.10/2009 tentang Kepariwisataan. Dalam struktur organisasi, terdiri dari dua unsur yakni unsur penentu kebijakan dan unsur pelaksana. Unsur penentu kebijakan berjumlah 9 orang anggota. Antara lain, terdiri dari wakil asosiasi kepariwisataan 4 orang; wakil asosiasi profesi 2 (dua) orang; wakil asosiasi penerbangan 1 (satu) orang; pakar/akademisi 2 (dua) orang. Keanggotaannya ditetapkan dengan keputusan wali kota untuk masa tugas paling lama 4 tahun.

Unsur penentu inilah nanti yang akan membentuk unsur pelaksana untuk menjalankan tugas operasional BPPD. Yakni, dipimpin seorang direktur eksekutif dengan dibantu beberapa direktur sesuai dengan kebutuhan. “Masa kerja paling lama 3 tahun dan dapat diangkat kembali untuk 1 kali masa kerja berikutnya. Sama sekali tidak melibatkan pejabat pemerintah,” kata dia.

Sedangkan untuk pendanaan BPPD bisa memiliki beberapa sumber. Bisa bersumber dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun dari sumber lain tak mengikat dan sah.





Pembentukan BPPD itu diharapkan semakin menggairahkan kepariwisataan di Kota Malang. Bahkan, menurutnya Pemkot juga akan banyak terbantu dengan keberadaannya. Bisa jadi, program-progam tentang kepariwisataan muncul dari BPPD, tapi menjadi kegiatan pemerintah.

Dwi Wahyono, ketua BPPD Jatim yang turut hadir dalam rapat itu berharap Kota Malang menjadi yang terdepan. Karena, hingga saat ini belum ada pemerintah daerah yang membentuk BPPD. Padahal, sesuai dengan amanat undang-undang kepariwisataan sejak 2009 lalu, pada Desember 2010 ini sudah harus terbentuk semua. “Mari kita dorong bersama-sama supaya segera terbentuk,” katanya.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008